Cari Blog Ini

ANALISA KEBUTUHAN BANDWIDTH

Senin, 07 September 2015

                   ANALISA KEBUTUHAN BANDWIDTH

Developer : Rosihan Anwar Hanafi
Adviser : Selamet Hariadi S.Kom
Mapel : Teknik Jaringan Lanjut
Materi : ANALISA KEBUTUHAN BANDWIDTH
Abstrak : Pada pertemuan di hari Kamis tanggal 3 September 2015 TKJ 6 membahas  tentang Analisa Kebutuhan Bandwidth.


     Kenapa Mengetahui perlu Kebutuhan Bandwidth?
Agar  penggunaan bandwidth efektif, klien harus mengetahui kebutuhan layanan  untuk   dirinya, sehingga dapat  menghitung total bandwidth  yang dibutuhkan. Semakin besar bandwidth yang   digunakan semakin besar pembayaran bulanan pada ISP.
Untuk lebih jelasnya, segera baca dua contoh Studi kasus dibawah ini.

Studi Kasus 1

Sebuah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Malang memiliki jaringan komputer yang terdiri dari 2 ruang Lab.Komputer yang terhubung ke internet. Jika masing-masing Lab. terdiri dari 25 komputer dan semua Komputer selalu digunakan untuk browsing (tidak digunakan untuk download). Hitung kebutuhan bandwidth secara ideal.

Analisa kebutuhan bandwidth Studi Kasus 1:
1.Penggunaan internet di sekolah banyak digunakan untuk layanan web atau browsing.Layanan web membutuhkan bandwidt h minimal 128Kbps.
2.Lab. komputer 2 ruangan, masing-masing 25 komputer. Total komputer adalah 25 * 2 = 50 komputer.
3.Kebutuhan bandwidt h adalah 128 Kbps * 50 = 6400 Kbps

Catatan: Kebutuhan 128Kbps adalah gambaran umum untuk layanan akses web atau browsing. Jadi untuk melakukan analisan di  klien yang menggunakan layanan lainnya harus melakukan analisa mendalam pada akses badwidth layanan yang digunakan.

Studi kasus 2

Sebuah perusahaan toko online mempunyai  7 karyawan yang terdiri dari (customer service 2 orang, kasir 1 orang, online marketing 1 orang,packing 2 orang dan manager 1 orang).Berapa bandwidth yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut ?

Analisa kebutuhan bandwidth Studi Kasus 2:
1.Semua karyawan membutuhkan koneksi int ernet dengan service web kecuali bagian packing.
2.Jumlah computer adalah 5 buah (2 komputer untuk custome service, 1 komputer untuk kasir,1 komputer untuk marketing dan 1 komputer untuk manager).
3.Jika semua komputer digunakan unt uk akses  web, maka masing-masing komputer membutuhkan bandwidt h sebesar 128Kbps maka perhitungannya adalah. 5 x 128Kbps = 640 Kbps

Saran untuk studi kasus ke-2 :
1.Bandiwidth yang dibutuhkan sebesar 640 Kbps. Sebagian besar provider internet tidak menyediakan layanan dengan bandwidt h sebesar 640 Kbps. Biasanya ISP menawarkan bandwidth internet sebesar 384 Kbps, 512 Kbps, 1024 Kbps dan seterusnya.
2.Kebutuhan bandwidth 640 Kbps. Perusahaan dapat berlangganan internet pada ISP seperti telkom dengan layanan speedy dengan bandwidt h 512Kbps sebanyak 2 line at au 1 Mbps sebanyak 1 line.
3.Untuk mengantisipasi koneksi terputus, sebaiknya perusahaan berlangganan koneksi internet pada 2 ISP yang berbeda. Berlangganan pada t elkom dengan produknya speedy bandwidt h sebesar 512Kbps dan berlangganan koneksi pada ISP lain sebesar 512 Kbps.
4.Saran nomor 3 lebih baik dari pada berlangganan bandwidth speedy pada telkom sebesar 512 Kbps  sebanyak 2 line.

Sumber : http://www.slideshare.net/selamethariadi/analisa-kebutuhan-bandwidth-selamet-hariadi
pertemuan kelas pada hari Kamis, 3 September 2015 di Lab.TKJ SMK Industri Al-Kaaffah

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blue Fire Pointer